Surya Majapahit, Sengketa lambang leluhur.

Surya Majapahit, Sengketa lambang leluhur. Surya Majapahit telah menjadi topik Viral di dunia maya sejak lama. Ada yang bilang, Surya Majapahit adalah bukti kalau Majapahit adalah sebuah kesultanan, karena pada lambang itu ada kata-kata sakral dalam agama Islam yang tertera di sana, diantaranya: Allah, Muhammad, Adam, Dzat, Sifat, Asma, Makrifat,.. dan seterusnya seperti gambar editan di bawah ini. Dan gambar itu adalah satu-satunya “Surya Majapahit” yang berbeda dari yang lainnya, maksud berbeda di sini, adalah karena ada editannya.

surya majaphit islam

Sementara Surya Majapahit yang selama ini kita kenal, yang di temukan oleh ahli purbakala dan ahli sejarah di situs-situs purbakala peninggalan majapahit sama sekali berbeda dengan gambar editan di atas. Entah mana yang benar, wallahu a’lam bishawab. Yang jelas menurut sejarah yang sudah baku sejak dulu yang pernah kita pelajari di sekolah, Surya majapahit adalah sebuah lambang hindu yang mengambarkan “DEWATA NAWA SANGA” atau sembilan dewa yang menguasai 8 penjuru angin dan satu dewa yang menjadi pusat segalanya yang di sebut SHIVA.

Surya Majapahit Asli

Surya Majapahit sebagai Dewata Nawa Sanga kerap sekali di temukan di reruntuhan dan puing-puing peninggalan kerajaan Majapahit yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara. Sebenarnya tidak ada prasasti yang mengatakan secara langsung kalau Surya maajapahit adalah lambang kerajaan Majapahit, tapi karena begitu populernya lambang ini di zaman majapahit dan selalu terdapat di bangunan-bangunan peninggalannya, maka para arkheolog menduga dan mengambil kesimpulan kalau Surya Majapahit adalah lambang kerajaan majapahit.

Adapun 9 Dewa Hindu yang terdapat di lambang Surya Majapahit adalah:

  1. Siwa berada di pusat Surya
  2. Iswara di Timur
  3. Mahadewa di barat
  4. Wishnu di utara
  5. Brahma di selatan
  6. Sambhu di timur laut
  7. Sangkara di Barat laut
  8. Mahesura di Tenggara
  9. Rudra di barat Daya.

Ke 8 dewa di atas mengisi bagian dalam lingkaran Matahari, sementara di lingkaran  luar matahari ada 8 dewa lagi yaitu:

  1. Timur: Indra
  2. Barat: Baruna
  3. Utara: Kuwera
  4. Selatan: Yama
  5. Timur laut: Isana
  6. Barat laut: Bayu
  7. Tenggara: Agni
  8. Barat daya: Nrtti