Biografi Ibu Tien Soeharto. Ibu Tien Soeharto mempunyai nama lengkap Raden Ayu Siti Hartinah. Ibu tien merupakan keturunan keturunan ke 4 (canggah) dari Mangkunagara III dari garis ibu yaitu Raden Ayu Hatmanti Hatmohoedojo. Sedangkan ayahnya KPH Soemoharjomo. Pada usia 24 tahun, ibu Tien di persunting oleh Soeharto seorang parjurit TNI yang kemudian menjadi Presiden Indonesia ke II dengan gelar Jendral Purnawirawan. Sejak saat itu Raden Ayu Siti Hartinah yang sejak kecil di panggil Tien akhirnya di kenal dengan sebutan Ibu Tien Soeharto.biografi ibu tien soeharto

Dengan perkawinanya dengan Soeharto, ibu Tien di karuniai 5 orang anak, yaitu:

  1. Siti Hardijanti Rukmana (Tutut)
  2. Sigit Harjojudanto (Sigit)
  3. Bambang Trihatmodjo(Bambang)
  4. Siti Hediati Hariyadi (Titiek)
  5. Hutomo Mandala Putra(Tommy)
  6. Siti Hutami Endang Adiningsih (Mamiek)

Ibu Tien lahir pada tanggal 23 Agustus 1923 di desa Jaten, Surakarta, Jawa Tengah. Menikah pada tanggal 26 Desember 1947 juga di Surakarta, Jawa Tengah. Meninggal pada tanggal 28 April 1996 (72 th), di RS Gatot Subroto Jakarta. Dan di makamkan pada tanggal 29 April 1996 di Astana Giribangun, Jawa Tengah. Upacara pemakaman tersebut dipimpin oleh inspektur upacara yaitu Ketua DPR/MPR saat itu, Wahono dan Komandan upacara Kolonel Inf G. Manurung, Komandan Brigif 6 Kostrad saat itu.

Demi menginggat jasa-jasa dan pengorbanannya, setelah kematiannya, beliau mendapat gelar pahlawan Nasional Republik Indonesia.

loading...